Jalur PTN Siswa SMK

Dibuat oleh : Kurikulum

Diunggah pada : 8 April 2022

Siswa SMK yang gagal SNMPTN, jangan berkecil hati. Kamu masih bisa kok masuk PTN lewat jalur yang lain. Berikut beberapa jalur masuk dengan peluang besar diterima bagi lulusan SMK di sebuah PTN.

  1. UTBK-SBMPTN

Tenang saja, peserta yang gagal di SNMPTN masih bisa mendaftar ke jalur UTBK SBMPTN. Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 dibuka tanggal 23 Maret - 15 April 2022. Pelaksanaan ujian terbagi menjadi 2 gelombang, yaitu tanggal 17 Mei - 23 Mei 2022 (gelombang pertama) dan tanggal 28 Mei - 03 Juni 2022 (gelombang kedua). SBMPTN dapat diikuti oleh lulusan 3 tahun terakhir dan dibuka untuk calon mahasiswa yang ingin lintas jurusan.

  1. Jalur Mandiri

Jika kamu belum juga lolos di UTBK, kamu masih berkesempatan untuk mengikuti jalur mandiri. Jalur mandiri adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh perguruan tinggi dengan menggunakan ujian tulis. Ujian ini tentunya di luar SNMPTN dan SBMPTN, sehingga disebut sebagai jalur Seleksi Mandiri.

Contoh seleksi mandiri PTN di antaranya yaitu SIMAK UI (Universitas Indonesia), UTUL UGM (Universitas Gadjah Mada) dan masih banyak lagi.

  1. SNMPN

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) hanya diperuntukkan calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke jenjang studi Vokasi atau yang lebih dikenal dengan D3. Sedangkan untuk jenjang D4/S1 Terapan bisa mendaftar melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diselenggarakan LTMPT.

  1. USMI IPB

Selanjutnya jalur yang bisa dilalui lulusan SMK yakni jalur USMI IPB. Jalur ini merupakan seleksi nilai rapor tanpa harus melakukan tes tulis. Jalur penerimaan D3 ini diperuntukkan lulusan SMK. Di sini anak SMK mempunyai peluang besar untuk lolos.

Jalur seleksi ini biasa disebut jalur seleksi rapor atau bisa juga disebut jalur undangan. Pasalnya, Sekolah Vokasi IPB University yang mengundang sekolah untuk mengirimkan siswa terbaiknya untuk bergabung ke Sekolah Vokasi IPB University.

  1. SPAN-PTKIN

Terakhir ada jalur SPAN-PTKIN bagi para lulusan SMK. SPAN-PTKIN adalah singkatan dari Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Sehingga SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Yuk! Simak info-info menarik lainnya hanya di ECODU BLOG!