SPMB PKN STAN 2022

Dibuat oleh : Kurikulum

Diunggah pada : 8 April 2022

Pejuang PKN STAN, mari merapat!

PKN STAN merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan. Setiap tahunnya jumlah pendaftar PKN STAN menjadi salah satu yang terbanyak di antara perguruan tinggi kedinasan.

Informasi seputar pendaftaran SPMB PKN STAN 2022, sudah resmi dirilis nih. Kamu cek langsung di pknstan.ac.id ya. Adapun syarat pendaftarannya, sebagai berikut:

  1. Lulusan semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat tahun 2022, 2021 dan sebelumnya.
  2. Lulusan 2021 dan sebelumnya memiliki nilai ijazah minimal 70 dari 100
  3. Lulusan 2022 memiliki nilai rata-rata rapor semester 1-5 minimal 70 dari 100
  4. Usia pada tgl 1 September 2022 maksimal 21 tahun, minimal 15 tahun
  5. Telah terdaftar UTBK 2022
  6. Memiliki nilai UTBK TPS min. 600 dan TBI min. 450 untuk peserta reguler, atau TPS min. 400 dan TBI min. 375 untuk peserta afirmasi.
  7. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza.
  8. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  9. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  10. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.

Tahapan seleksi sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi

  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

  3. Seleksi Lanjutan I

    • Tes Kesehatan, pemeriksaan yang mencakup pemeriksaan tinggi dan berat badan, tekanan darah, visus mata, dan/atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat;
    • Tes Kebugaran, lari mengelilingi lintasan dan shuttle run, pull up/chinning, push up, sit up dan/atau aktivitas lainnya yang ditentukan oleh Panitia Pusat.
    • Tes Psikologi dilaksanakan menggunakan Computer Based Test.
  4. Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara) dilaksanakan dengan semi online, yaitu peserta mengikuti wawancara di tempat yang telah ditentukan dan pewawancara melakukan wawancara secara online dengan media video conference.

Yuk! Simak info-info menarik lainnya hanya di ECODU BLOG!