Tips Mendapatkan Nilai SKD Tinggi

Dibuat oleh : Kurikulum

Diunggah pada : 31 Maret 2022

Sistem gugur dan sistem passing grade yang adalah tantangan berat untuk peserta yang ingin melamar di Sekolah Kedinasan. Sebab, selain harus bisa mengerjakan soal sesuai batas minimal yang ditentukan, kamu juga perlu meraih skor setinggi-tingginya agar lolos ketahap berikunya!

Berikut tips agar kamu mendapatkan nilai SKD yang tinggi!

1.Pelajari Soal SKD dari Tahun Sebelumnya

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah rajin mempelajari soal SKD kedinasan. Mulailah belajar soal SKD dari tahun 2021, kemudian mundur ke tahun sebelumnya. Biasanya jenis soal nya memiliki pola yang sam dengan tahun sebelumnya. Mempelajari soal SKD dari tahun sebelumnya bermanfaat untuk kamu mengetahui pola pengerjaan soal tersebut, sehingga kamu dapat lebih siap dan sudah paham cara mengerjakan soal yang diberikan. Sebisa mungkin buatlah progress atau kemajuan dari setiap jenis soal yang berhasil kamu kerjakan.

  1. Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Soal SKD yang cukup banyak wajib dikerjakan peserta dalam waktu tertentu. Jika peserta tidak memiliki manajemen waktu yang baik, akan ada soal-soal yang terlewatkan dan tidak dikerjakan. Hal ini bisa berpengaruh pada skor total SKD, bahkan berpengaruh pada kelulusan passing grade. Manajemen waktu untuk mengerjakan soal SKD sebenarnya bisa dilatih. Sering-seringlah mengerjakan soal SKD mulai dari soal yang mudah hingga soal yang sulit.

  1. Mengerjakan Soal Termudah

Jika menjumpai soal yang cukup sulit, jangan berlama-lama mencari tahu jawabannya. Ada soal lain yang juga menunggu untuk dikerjakan. Bukan berarti kamu diminta untuk mengabaikan soal tersebut. Kamu hanya perlu menunda pengerjaan soal yang sulit tersebut dengan mengerjakan soal lain yang lebih mudah. Jangan sampai kamu tidak mengerjakan banyak soal lainnya pada tes SKD karena terlalu lama terpaku pada soal yang sulit.

  1. Teliti Dalam Membaca Soal

Meski kamu sudah belajar dengan giat kalau tidak teliti maka bisa saja jawabannya salah. Karena itulah kamu dituntut untuk lebih teliti dalam membaca setiap pertanyaan. Meski waktu yang diberikan mepet, tapi jangan terburu buru saat membaca instruksi. Sering kali peserta melewatkan kata kunci penting. Kata kunci ini bisa saja menjadi penentu benar tidaknya jawaban kamu. Jadi kenali soal dengan baik sebelum memilih pilihan jawaban.

  1. Persiapkan Fisik dan Mental

Jagalah kebugaran tubuh sebelum pelaksanaan tes SKD tiba. Berolahraga secara ringan namun rutin setiap hari sambil mengonsumsi makanan bergizi sangat penting dilakukan. Persiapan mental yang perlu kamu miliki adalah sikap percaya diri. Fokus pada diri sendiri juga menjadi penentu keberhasilan mengerjakan soal SKD.

Yuk! Simak info-info menarik lainnya hanya di ECODU BLOG!